Friday, November 21, 2025

TO BE (AM, IS, ARE)

TO BE (AM, IS, ARE)

Fungsi "To Be" (Present): Penggunaan Am, Is, dan Are dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Memahami fungsi to be (am, is, dan are) dalam Simple Present Tense.
  2. Menggunakan to be untuk menyatakan identitas, profesi, keadaan, perasaan, lokasi, dan waktu.
  3. Membuat kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya menggunakan to be.
  4. Menghindari kesalahan umum dalam penggunaan to be.
  5. Menggunakan to be dalam percakapan sederhana sehari-hari.

 

Apa Itu "To Be"?

Dalam bahasa Inggris, to be merupakan salah satu kata kerja (verb) yang paling penting dan paling sering digunakan. Bentuk to be dalam Simple Present Tense terdiri atas tiga kata, yaitu:

  • am
  • is
  • are

Berbeda dengan bahasa Indonesia yang sering kali tidak memerlukan kata penghubung, dalam bahasa Inggris penggunaan to be sangat penting ketika kalimat tidak menggunakan kata kerja utama (main verb). To be berfungsi sebagai penghubung antara subjek dengan informasi yang menjelaskan subjek tersebut.

Perhatikan contoh berikut.

Bahasa Indonesia

  • Saya seorang siswa.
  • Dia seorang dokter.
  • Mereka bahagia.

Dalam bahasa Indonesia tidak ada kata penghubung di antara subjek dan keterangan. Namun, dalam bahasa Inggris harus ditambahkan to be.

Bahasa Inggris

  • I am a student.
  • He is a doctor.
  • They are happy.

Tanpa to be, kalimat tersebut menjadi tidak benar secara tata bahasa.

❌ I a student.

✅ I am a student.

 

Bentuk To Be dalam Present Tense

Setiap subjek memiliki pasangan to be yang berbeda.

Subject

To Be

Contoh

I

am

I am happy.

You

are

You are smart.

He

is

He is a doctor.

She

is

She is beautiful.

It

is

It is cold today.

We

are

We are classmates.

They

are

They are busy.

Cara paling mudah menghafalnya adalah:

I → am
He, She, It → is
You, We, They → are

 

Fungsi "To Be" dalam Kalimat

Secara umum, to be memiliki beberapa fungsi utama dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasannya.

 

1. Menyatakan Identitas

Fungsi pertama to be adalah untuk menjelaskan siapa seseorang.

Contoh:

  • I am Ahmad.
  • She is Rina.
  • He is Mr. Hasan.
  • They are my classmates.
  • We are Indonesian.

Artinya:

  • Saya Ahmad.
  • Dia Rina.
  • Dia Pak Hasan.
  • Mereka teman sekelas saya.
  • Kami orang Indonesia.

Contoh dalam percakapan

A : Who are you?

B : I am Dinda.

A : Nice to meet you.

B : Nice to meet you, too.

 

2. Menyatakan Profesi atau Pekerjaan

To be juga digunakan untuk menjelaskan pekerjaan seseorang.

Contoh:

  • I am a student.
  • She is a teacher.
  • He is a doctor.
  • My father is a farmer.
  • My mother is a nurse.
  • They are engineers.
  • We are university students.

Perhatikan bahwa setelah profesi tunggal biasanya digunakan artikel a atau an.

Contoh:

  • She is a teacher.
  • He is a pilot.
  • I am an accountant.
  • She is an engineer.

 

3. Menyatakan Perasaan atau Emosi

To be digunakan bersama kata sifat (adjective) untuk menyatakan perasaan.

Contoh:

  • I am happy.
  • She is sad.
  • He is angry.
  • We are excited.
  • They are nervous.
  • You are lucky.
  • I am proud of you.

Kosakata yang sering digunakan:

Adjective

Arti

happy

bahagia

sad

sedih

tired

lelah

angry

marah

hungry

lapar

thirsty

haus

excited

bersemangat

nervous

gugup

bored

bosan

worried

khawatir

Contoh:

  • I am hungry.
  • We are tired after school.
  • She is nervous before the exam.
  • They are excited about the holiday.

 

4. Menyatakan Keadaan atau Kondisi

Selain perasaan, to be juga digunakan untuk menyatakan kondisi seseorang atau sesuatu.

Contoh:

  • The classroom is clean.
  • The book is interesting.
  • The weather is hot.
  • My phone is new.
  • The food is delicious.
  • The road is busy.
  • The room is quiet.

Perhatikan bahwa semua kata setelah to be merupakan kata sifat (adjective).

 

5. Menyatakan Lokasi atau Tempat

To be sering digunakan bersama keterangan tempat (prepositional phrase) untuk menunjukkan lokasi.

Contoh:

  • He is in the classroom.
  • She is at home.
  • They are in the library.
  • We are at school.
  • The cat is under the table.
  • My bag is on the chair.
  • The students are in the laboratory.

Contoh lain:

  • I am in Makassar.
  • My father is at work.
  • The children are in the playground.
  • The teacher is in the office.

 

6. Menyatakan Waktu, Cuaca, dan Tanggal

Dalam bahasa Inggris, to be juga digunakan untuk menyatakan waktu, cuaca, dan tanggal.

Waktu

  • It is seven o'clock.
  • It is half past eight.
  • It is midnight.

Cuaca

  • It is sunny.
  • It is rainy.
  • It is cloudy.
  • It is windy.
  • It is cold.
  • It is hot today.

Tanggal

  • Today is Monday.
  • It is July 15.
  • Tomorrow is Friday.

 

Catatan Penting

Penggunaan to be harus sesuai dengan subjeknya.

Subject

To Be

I

am

He

is

She

is

It

is

You

are

We

are

They

are

Ingat pola sederhana berikut:

I AM
HE, SHE, IT IS
YOU, WE, THEY ARE

Menghafalkan pola ini akan sangat membantu ketika membuat kalimat.

 

Bentuk Negatif (Negative Sentences)

Untuk membuat kalimat negatif, cukup tambahkan not setelah to be.

Rumus:

Subject + To Be + Not + Complement

Contoh:

Positif

Negatif

Arti

I am a student.

I am not a student.

Saya bukan murid.

He is a doctor.

He is not a doctor.

Dia bukan dokter.

She is happy.

She is not happy.

Dia tidak bahagia.

It is expensive.

It is not expensive.

Itu tidak mahal.

We are ready.

We are not ready.

Kami belum siap.

They are busy.

They are not busy.

Mereka tidak sibuk.

 

Bentuk Singkat (Contractions)

Dalam percakapan sehari-hari, penutur asli lebih sering menggunakan bentuk singkat.

Bentuk Lengkap

Bentuk Singkat

I am

I'm

He is

He's

She is

She's

It is

It's

We are

We're

You are

You're

They are

They're

is not

isn't

are not

aren't

Contoh:

  • I'm happy.
  • She's my sister.
  • He's a teacher.
  • They're busy.
  • We aren't late.
  • It isn't cold today.

Penggunaan bentuk singkat membuat percakapan terdengar lebih alami.

 

Kalimat Tanya (Yes/No Questions)

Untuk membuat pertanyaan Yes/No, pindahkan to be ke depan subjek.

Rumus:

To Be + Subject + Complement + ?

Contoh:

Positif

Pertanyaan

Arti

You are a teacher.

Are you a teacher?

Apakah Anda seorang guru?

He is tired.

Is he tired?

Apakah dia lelah?

She is happy.

Is she happy?

Apakah dia bahagia?

They are students.

Are they students?

Apakah mereka siswa?

We are ready.

Are we ready?

Apakah kita siap?

I am late.

Am I late?

Apakah saya terlambat?

 

Cara Menjawab Yes/No Questions

Pertanyaan:

Are you a student?

Jawaban:

  • Yes, I am.
  • No, I'm not.

 

Pertanyaan:

Is he your brother?

Jawaban:

  • Yes, he is.
  • No, he isn't.

 

Pertanyaan:

Are they at school?

Jawaban:

  • Yes, they are.
  • No, they aren't.

 

Contoh Percakapan

Dialog 1

A : Are you a student?

B : Yes, I am.

A : Which school do you study at?

B : I study at SMA Negeri 1.

 

Dialog 2

A : Is she your sister?

B : Yes, she is.

A : Is she a teacher?

B : No, she isn't. She is a doctor.

 

Dialog 3

A : Are they in the classroom?

B : No, they aren't.

A : Where are they?

B : They are in the library.

 

Dialog 4

A : Is your father at home?

B : No, he isn't.

A : Where is he?

B : He is at work.

 

Kesalahan yang Sering Terjadi

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelajar bahasa Inggris.

Salah

He are my friend.

Benar

He is my friend.

 

Salah

They is happy.

Benar

They are happy.

 

Salah

I is hungry.

Benar

I am hungry.

 

Salah

She am a nurse.

Benar

She is a nurse.

 

Salah

We is ready.

Benar

We are ready.

 

Salah

Is they students?

Benar

Are they students?

 

Latihan

A. Lengkapilah dengan am, is, atau are.

  1. I ____ happy today.
  2. She ____ a teacher.
  3. They ____ in the classroom.
  4. We ____ friends.
  5. It ____ very hot today.
  6. You ____ my best friend.
  7. He ____ a doctor.
  8. My parents ____ at home.
  9. The dog ____ under the table.
  10. The students ____ ready for the test.

Kunci Jawaban:

  1. am
  2. is
  3. are
  4. are
  5. is
  6. are
  7. is
  8. are
  9. is
  10. are

 

B. Ubah menjadi kalimat negatif.

  1. She is a nurse.
  2. They are busy.
  3. I am tired.
  4. We are ready.
  5. It is expensive.

Contoh Jawaban:

  1. She is not a nurse.
  2. They are not busy.
  3. I am not tired.
  4. We are not ready.
  5. It is not expensive.

 

C. Ubah menjadi kalimat tanya.

  1. He is a teacher.
  2. You are happy.
  3. They are at school.
  4. I am late.
  5. She is your sister.

Contoh Jawaban:

  1. Is he a teacher?
  2. Are you happy?
  3. Are they at school?
  4. Am I late?
  5. Is she your sister?

 

Dalam bahasa Inggris, kata kerja “to be” sangat penting karena digunakan untuk menjelaskan keadaan, identitas, atau keberadaan seseorang atau sesuatu.

Kata ini berubah bentuk tergantung pada waktu (tenses) dan subjek kalimatnya.

Mari kita pelajari bersama dalam tiga bentuk utama:
πŸ‘‰ Present Form (am, is, are)
πŸ‘‰ Past Form (was, were)
πŸ‘‰ Future Form (will be)

 

πŸ“– PRESENT FORM (AM, IS, ARE)

✨ Pengertian:

“To be” dalam bentuk present digunakan untuk menyatakan keadaan yang terjadi sekarang (present time).

πŸ”Ή Bentuk & Pasangan yang Tepat:

Subject

To Be

Contoh Kalimat

Arti

I

am

I am a student.

Saya seorang murid.

You

are

You are my friend.

Kamu adalah teman saya.

He

is

He is a doctor.

Dia seorang dokter.

She

is

She is beautiful.

Dia cantik.

It

is

It is a cat.

Itu seekor kucing.

We

are

We are happy.

Kami bahagia.

They

are

They are at school.

Mereka di sekolah.

 

πŸ’¬ Fungsi “To Be” (Present)

  1. Untuk menyatakan identitas / profesi:

She is a teacher.
I am a student.

  1. Untuk menyatakan perasaan / keadaan:

They are tired.
I am happy.

  1. Untuk menyatakan lokasi / tempat:

He is in the classroom.
We are at home.

 

⚠️ Catatan Penting:

  • Gunakan am hanya dengan I.
  • Gunakan is untuk he, she, it.
  • Gunakan are untuk you, we, they.

🧩 Negatif Form (kalimat negatif):
Tambahkan not setelah to be.

Bentuk Positif

Bentuk Negatif

Arti

I am a student.

I am not a student.

Saya bukan murid.

She is tall.

She is not tall.

Dia tidak tinggi.

They are happy.

They are not happy.

Mereka tidak bahagia.

πŸ—£️ Kalimat Tanya (Yes/No Question):
Tukar posisi to be dan subject.

Kalimat Positif

Kalimat Tanya

Arti

You are a teacher.

Are you a teacher?

Apakah kamu guru?

He is tired.

Is he tired?

Apakah dia lelah?

I am late.

Am I late?

Apakah saya terlambat?

 

πŸ“– TO BE (WAS, WERE) – PAST FORM

✨ Pengertian:

“To be” dalam bentuk past form digunakan untuk menyatakan keadaan di masa lalu.

Subject

To Be (Past)

Contoh Kalimat

Arti

I

was

I was a student.

Saya dulu murid.

He

was

He was tired yesterday.

Dia lelah kemarin.

She

was

She was at home.

Dia di rumah.

It

was

It was sunny yesterday.

Kemarin cerah.

You

were

You were late.

Kamu terlambat.

We

were

We were happy.

Kami senang.

They

were

They were in the park.

Mereka di taman.

 

πŸ’¬ Fungsi “Was” dan “Were”

  1. Untuk menyatakan keadaan di masa lalu:

I was hungry yesterday.
They were tired after the game.

  1. Untuk menyatakan lokasi di masa lalu:

She was at school yesterday.
We were at home last night.

 

🧩 Bentuk Negatif:

Tambahkan not setelah was / were.

Kalimat Positif

Kalimat Negatif

Arti

I was happy.

I was not (wasn’t) happy.

Saya tidak bahagia.

They were late.

They were not (weren’t) late.

Mereka tidak terlambat.

 

πŸ—£️ Kalimat Tanya:

Tukar posisi to be dan subject.

Kalimat Positif

Kalimat Tanya

Arti

She was at home.

Was she at home?

Apakah dia di rumah?

They were tired.

Were they tired?

Apakah mereka lelah?

 

πŸ“– TO BE (BE) – FUTURE FORM

✨ Pengertian:

“To be” dalam bentuk future digunakan untuk menyatakan keadaan atau rencana di masa depan.

Strukturnya:

Subject + will be + complement

Subject

To Be (Future)

Contoh Kalimat

Arti

I

will be

I will be a teacher.

Saya akan menjadi guru.

You

will be

You will be happy.

Kamu akan bahagia.

He / She / It

will be

He will be a doctor.

Dia akan menjadi dokter.

We

will be

We will be friends forever.

Kita akan jadi teman selamanya.

They

will be

They will be at home.

Mereka akan di rumah.

 

πŸ’¬ Fungsi “Will Be”

  1. Untuk menyatakan rencana / cita-cita di masa depan:

I will be a pilot someday.

  1. Untuk menyatakan keadaan di masa depan:

The weather will be sunny tomorrow.

  1. Untuk menyatakan lokasi di masa depan:

We will be in Jakarta next week.

 

🧩 Bentuk Negatif:

Tambahkan not setelah will.

Kalimat Positif

Kalimat Negatif

Arti

I will be happy.

I will not (won’t) be happy.

Saya tidak akan bahagia.

They will be here.

They won’t be here.

Mereka tidak akan di sini.

 

πŸ—£️ Kalimat Tanya:

Letakkan will di awal kalimat.

Kalimat Positif

Kalimat Tanya

Arti

She will be a doctor.

Will she be a doctor?

Apakah dia akan jadi dokter?

They will be late.

Will they be late?

Apakah mereka akan terlambat?

 

πŸ“ Rangkuman Singkat

Waktu

Bentuk To Be

Contoh

Arti

Present

am / is / are

I am happy.

Saya bahagia.

Past

was / were

I was tired.

Saya lelah.

Future

will be

I will be strong.

Saya akan kuat.

 

πŸ“– Latihan Sederhana

Lengkapi dengan bentuk to be yang tepat (am, is, are, was, were, will be):

  1. I ____ a student.
  2. They ____ happy yesterday.
  3. She ____ beautiful.
  4. We ____ at home last night.
  5. He ____ a doctor next year.

πŸ’‘ Kunci Jawaban:

  1. am
  2. were
  3. is
  4. were
  5. will be

 

🎯 Aktivitas Kelas

🎲 Game: “Time Traveler Sentences”
Guru menyebutkan kata keterangan waktu, siswa membuat kalimat sesuai tense-nya!

Contoh:

  • (today) → I am happy.
  • (yesterday) → I was happy.
  • (tomorrow) → I will be happy.

Siswa bergantian membuat kalimat sambil menebak bentuk to be yang tepat. πŸ•“

 

🏠 Penugasan (Homework)

Tugas Rumah:
Buat 6 kalimat menggunakan to be dengan 3 bentuk waktu berbeda:

  • 2 kalimat present form
  • 2 kalimat past form
  • 2 kalimat future form

πŸ“Contoh:

  1. I am a teacher.
  2. They are in the classroom.
  3. I was at school yesterday.
  4. She was tired last night.
  5. I will be happy tomorrow.
  6. We will be at the beach next week.

 

🌟 Penutup

“To be” adalah fondasi utama dalam kalimat bahasa Inggris.
Dengan menguasai bentuk am, is, are, was, were, dan will be, kamu bisa membuat banyak kalimat dasar dengan mudah.
πŸŽ“

“Learn the basics well, and English will feel easy!” πŸ’¬

 

Rangkuman

To be (am, is, dan are) merupakan salah satu unsur paling mendasar dalam tata bahasa Inggris. Fungsinya bukan hanya sebagai penghubung antara subjek dan informasi yang menjelaskan subjek, tetapi juga untuk menyatakan identitas, profesi, perasaan, keadaan, lokasi, waktu, cuaca, dan tanggal. Penggunaan to be harus selalu disesuaikan dengan subjek: am hanya digunakan dengan I, is digunakan untuk he, she, dan it, sedangkan are digunakan untuk you, we, dan they. Selain itu, to be juga menjadi dasar dalam membentuk kalimat negatif dengan menambahkan not, serta kalimat tanya dengan memindahkan to be ke awal kalimat. Menguasai penggunaan to be akan memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi bahasa Inggris yang lebih kompleks, seperti Simple Present Tense, Present Continuous Tense, maupun berbagai bentuk komunikasi lisan dan tulisan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan latihan yang konsisten melalui membaca, menulis, dan berdialog, penggunaan to be akan menjadi lebih tepat, alami, dan percaya diri.

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡





 

No comments:

Post a Comment

Menyusun Kalimat dengan Benar - Hari 50: Mengenal Pronouns (Kata Ganti): I, Me, My, Mine, Myself

  Minggu ke-7 perjalanan belajar bahasa Inggris: kuasai lima bentuk kata ganti "aku" dalam satu hari! Pelajari perbedaan mendasar ...