Thursday, October 16, 2025

Cooking and Complimenting (Lesson 4)

 ๐Ÿณ Lesson 4: Cooking and Complimenting

๐Ÿ“˜ Lesson 4

๐Ÿฅฃ 1. Making a Recipe (Membuat dan Menulis Resep dalam Bahasa Inggris)

Tujuan Pembelajaran

Pada materi Making a Recipe, Anda akan belajar bagaimana menulis, membaca, memahami, dan menjelaskan resep makanan dalam bahasa Inggris. Materi ini sangat penting karena resep menggunakan bentuk kalimat yang khas, yaitu imperative sentences (kalimat perintah), serta banyak kosakata yang berkaitan dengan bahan makanan, alat dapur, ukuran, dan teknik memasak.

Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan mampu:

  • Mengenal kosakata tentang memasak (cooking vocabulary).
  • Menyebutkan nama bahan makanan (ingredients).
  • Memahami berbagai metode memasak (cooking methods).
  • Menulis resep sederhana dalam bahasa Inggris.
  • Menggunakan imperative sentences untuk memberikan instruksi memasak.
  • Menjelaskan langkah-langkah memasak secara runtut dan jelas.

 

Apa Itu Recipe?

Recipe berarti resep masakan, yaitu kumpulan petunjuk yang menjelaskan cara membuat suatu makanan atau minuman. Sebuah resep biasanya memuat tiga bagian utama, yaitu:

  1. Title (Judul)
  2. Ingredients (Daftar bahan)
  3. Steps / Directions (Langkah-langkah memasak)

Resep ditulis agar orang lain dapat mengikuti petunjuknya dengan mudah. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan harus sederhana, jelas, dan berurutan.

Contoh:

Recipe: Fried Rice

Ingredients:

  • Rice
  • Eggs
  • Garlic
  • Cooking oil
  • Soy sauce

Steps:

  1. Heat the oil.
  2. Fry the garlic.
  3. Add the eggs.
  4. Add the rice.
  5. Pour the soy sauce.
  6. Stir well.
  7. Serve hot.

 

Struktur Sebuah Recipe

1. Title (Judul)

Bagian pertama adalah nama makanan.

Contoh:

  • Fried Rice
  • Chicken Soup
  • Pancakes
  • Vegetable Salad
  • Chocolate Cake
  • Fruit Juice
  • Omelet
  • Fried Noodles
  • Banana Smoothie

 

2. Ingredients (Bahan-bahan)

Bagian ini berisi semua bahan yang diperlukan untuk membuat makanan.

Contoh:

Ingredients

  • 2 eggs
  • 1 tomato
  • a pinch of salt
  • 2 tablespoons of oil
  • 100 grams of cheese
  • black pepper

Biasanya bahan ditulis dalam bentuk daftar agar mudah dibaca.

 

3. Steps (Instructions)

Bagian ini menjelaskan urutan memasak.

Contoh:

  1. Wash the vegetables.
  2. Cut the tomatoes.
  3. Heat the oil.
  4. Fry the garlic.
  5. Add the vegetables.
  6. Stir for five minutes.
  7. Serve immediately.

 

Kosakata Penting (Key Vocabulary)

English

Indonesian

recipe

resep

ingredient

bahan

seasoning

bumbu

spice

rempah-rempah

salt

garam

sugar

gula

pepper

lada

flour

tepung

rice

nasi/beras

noodle

mi

egg

telur

milk

susu

butter

mentega

cheese

keju

cooking oil

minyak goreng

water

air

bowl

mangkuk

pan

wajan

pot

panci

spoon

sendok

fork

garpu

knife

pisau

plate

piring

cup

cangkir

oven

oven

 

Cooking Verbs (Kata Kerja Memasak)

Dalam resep, terdapat banyak kata kerja yang menunjukkan proses memasak.

Verb

Meaning

mix

mencampur

stir

mengaduk

fry

menggoreng

boil

merebus

bake

memanggang (oven)

grill

memanggang (api)

roast

memanggang

steam

mengukus

slice

mengiris tipis

chop

mencincang

cut

memotong

peel

mengupas

wash

mencuci

pour

menuangkan

add

menambahkan

crack

memecahkan

heat

memanaskan

cook

memasak

serve

menyajikan

taste

mencicipi

 

Contoh Penggunaan Cooking Verbs

  • Wash the vegetables.
    → Cuci sayurannya.
  • Peel the potatoes.
    → Kupas kentangnya.
  • Slice the onions.
    → Iris tipis bawang bombai.
  • Chop the garlic.
    → Cincang bawang putih.
  • Add some salt.
    → Tambahkan sedikit garam.
  • Mix all the ingredients.
    → Campurkan semua bahan.
  • Stir slowly.
    → Aduk perlahan.
  • Fry the chicken.
    → Goreng ayamnya.
  • Boil the water.
    → Rebus airnya.
  • Serve while hot.
    → Sajikan selagi hangat.

 

Ukuran dalam Resep (Measurements)

Dalam resep bahasa Inggris, ukuran bahan sangat penting agar hasil masakan sesuai.

English

Meaning

teaspoon (tsp)

sendok teh

tablespoon (tbsp)

sendok makan

cup

cangkir

glass

gelas

kilogram (kg)

kilogram

gram (g)

gram

liter (L)

liter

milliliter (mL)

mililiter

pinch

sejumput

piece

potong

slice

irisan

clove

siung (bawang)

Contoh

  • one teaspoon of sugar
  • two tablespoons of oil
  • three cups of flour
  • a pinch of salt
  • two cloves of garlic

 

Example Recipe 1

๐Ÿณ Omelet Recipe

Ingredients

  • 2 eggs
  • a pinch of salt
  • a spoon of cooking oil
  • black pepper

Steps

  1. Crack the eggs into a bowl.
  2. Add the salt and pepper.
  3. Mix well.
  4. Heat the pan.
  5. Pour the egg mixture into the pan.
  6. Cook for two minutes.
  7. Flip the omelet carefully.
  8. Cook the other side.
  9. Serve on a plate.

 

Example Recipe 2

๐Ÿš Fried Rice

Ingredients

  • one plate of cooked rice
  • one egg
  • two cloves of garlic
  • one tablespoon of soy sauce
  • one tablespoon of cooking oil
  • a pinch of salt
  • chopped green onions

Steps

  1. Heat the oil.
  2. Chop the garlic.
  3. Fry the garlic until fragrant.
  4. Crack the egg into the pan.
  5. Stir the egg.
  6. Add the rice.
  7. Pour the soy sauce.
  8. Add salt.
  9. Mix everything well.
  10. Cook for three minutes.
  11. Sprinkle the green onions.
  12. Serve while hot.

 

Example Recipe 3

๐Ÿฅ— Fruit Salad

Ingredients

  • one apple
  • one banana
  • one orange
  • grapes
  • yogurt
  • honey

Steps

  1. Wash all the fruits.
  2. Peel the banana and orange.
  3. Slice the fruits.
  4. Put them into a bowl.
  5. Add yogurt.
  6. Pour honey.
  7. Mix gently.
  8. Serve cold.

 

Grammar Focus: Imperative Sentences

Apa Itu Imperative Sentence?

Imperative sentence adalah kalimat yang digunakan untuk:

  • memberi instruksi
  • memberi petunjuk
  • memberi perintah
  • memberi saran

Kalimat ini sangat sering digunakan dalam resep.

Pola dasarnya sangat sederhana.

Verb + Object

Subjek you tidak ditulis karena sudah dipahami.

Contoh:

  • Wash the carrots.
  • Cut the onions.
  • Add sugar.
  • Mix well.
  • Stir slowly.
  • Boil the water.
  • Fry the chicken.
  • Bake the cake.
  • Serve immediately.

 

Imperative Positif

Contoh:

  • Wash the vegetables.
  • Add milk.
  • Mix carefully.
  • Stir continuously.
  • Cook for ten minutes.
  • Taste the soup.
  • Pour the sauce.
  • Serve hot.

 

Imperative Negatif

Untuk larangan gunakan:

Don't + Verb

Contoh:

  • Don't burn the food.
  • Don't add too much salt.
  • Don't forget to stir.
  • Don't cook it too long.
  • Don't use dirty utensils.
  • Don't leave the stove unattended.

 

Sequencing Words

Agar langkah-langkah lebih jelas, gunakan kata penghubung urutan berikut.

English

Indonesian

First

Pertama

Second

Kedua

Next

Berikutnya

Then

Kemudian

After that

Setelah itu

Finally

Terakhir

Contoh:

First, wash the vegetables.

Next, cut the carrots.

Then, boil the water.

Finally, serve the soup.

 

Contoh Percakapan

Dialogue 1

A : What are you cooking?

B : I'm making an omelet.

A : What do you need?

B : I need eggs, salt, pepper, and oil.

A : Is it easy?

B : Yes. Just mix the eggs, fry them, and serve.

 

Dialogue 2

A : Can you cook fried rice?

B : Yes.

A : What's the first step?

B : Heat the oil and fry the garlic.

A : Then?

B : Add the rice and soy sauce.

 

Reading Passage

My Favorite Recipe

My favorite food is fried rice because it is delicious and easy to make. I usually cook it for breakfast.

First, I prepare cooked rice, an egg, garlic, cooking oil, soy sauce, salt, and green onions.

Next, I heat the oil in a pan. Then I fry the garlic until it smells good. After that, I add the egg and stir it well. I put the rice into the pan and mix everything together. Then I pour the soy sauce and add a little salt. Finally, I sprinkle chopped green onions on top and serve the fried rice while it is still hot.

My family likes my fried rice because it is simple, tasty, and healthy.

 

Reading Comprehension

Jawablah pertanyaan berikut.

  1. What is the writer's favorite food?
  2. When does the writer usually cook it?
  3. What ingredients are needed?
  4. What is the first cooking step?
  5. Why does the writer's family like the fried rice?

 

Contoh Kalimat Sehari-hari

  • My mother likes baking cakes.
  • My father grills fish every Sunday.
  • We boil water every morning.
  • Please wash your hands before cooking.
  • Slice the bread carefully.
  • Stir the soup slowly.
  • Add some sugar.
  • Mix the flour with milk.
  • Serve the food while it is hot.
  • Don't forget to wash the vegetables.
  • Peel the potatoes first.
  • Heat the oven before baking.
  • Chop the onions into small pieces.
  • Taste the soup before serving.
  • Use fresh ingredients for better flavor.

 

Latihan

A. Lengkapi Kalimat

  1. ______ the eggs into a bowl.
  2. ______ the vegetables before cooking.
  3. ______ some salt into the soup.
  4. ______ slowly for five minutes.
  5. ______ the noodles until soft.

(Pilihan: Boil, Add, Wash, Stir, Crack)

 

B. Susun Menjadi Resep yang Benar

Urutkan langkah berikut.

  • Add sugar.
  • Boil the water.
  • Pour into a cup.
  • Stir well.
  • Add coffee.

 

C. Terjemahkan ke Bahasa Inggris

  1. Tambahkan satu sendok gula.
  2. Rebus air selama lima menit.
  3. Iris tomat menjadi tipis.
  4. Campurkan semua bahan.
  5. Sajikan selagi hangat.

 

Tips Belajar

Untuk menguasai materi Making a Recipe, biasakan membaca resep sederhana dalam bahasa Inggris, baik dari buku masak maupun situs memasak. Perhatikan kata kerja yang digunakan, seperti wash, cut, mix, boil, dan serve, karena sebagian besar merupakan imperative verbs. Anda juga dapat mencoba menuliskan resep makanan favorit, seperti nasi goreng, mie goreng, atau jus buah, menggunakan bahasa Inggris. Latihan ini tidak hanya memperkaya kosakata, tetapi juga meningkatkan kemampuan menulis instruksi secara runtut dan jelas.

 

Ringkasan

Making a Recipe mengajarkan cara menyusun resep makanan dalam bahasa Inggris dengan struktur yang sistematis, yaitu Title, Ingredients, dan Steps. Bagian Ingredients berisi daftar bahan beserta ukurannya, sedangkan bagian Steps menjelaskan urutan memasak menggunakan imperative sentences, seperti Wash the vegetables, Add the salt, Mix well, dan Serve while hot. Selain itu, Anda telah mempelajari berbagai cooking verbs seperti boil, fry, bake, steam, slice, dan stir, serta kosakata tentang bahan makanan, alat dapur, dan ukuran. Dengan memahami struktur resep dan menggunakan kalimat perintah secara tepat, Anda akan mampu membaca, mengikuti, maupun menulis resep sederhana dalam bahasa Inggris dengan lebih percaya diri dan komunikatif.

 

 ๐Ÿฅฃ 1. Making a Recipe

Topic Focus:
Belajar cara menulis dan membacakan resep dalam bahasa Inggris.

Key Vocabulary:

Word

Meaning

recipe

resep

ingredient

bahan

mix

mencampur

stir

mengaduk

fry

menggoreng

boil

merebus

bake

memanggang

slice

memotong tipis

add

menambahkan

serve

menyajikan

 

Structure of a Recipe:

1.      Title: Name of the dish

2.      Ingredients: List of what you need

3.      Steps: Instructions (in imperative form)

Example Recipe:

๐Ÿณ Omelet Recipe
Ingredients:

·         2 eggs

·         a pinch of salt

·         a spoon of oil

Steps:

1.      Crack the eggs into a bowl.

2.      Add a pinch of salt and mix well.

3.      Heat the pan and pour the mixture.

4.      Cook for 2 minutes on each side.

5.      Serve it on a plate and enjoy!

 

๐Ÿง  Grammar Focus: Imperative Sentences (perintah lembut)

·         Mix the flour with water.

·         Don’t forget to stir slowly.

·         Add sugar and milk.

·         Serve it warm.

 

๐Ÿฐ 2. Complimenting Food

Topic Focus:
Belajar cara memberi pujian terhadap makanan.

Useful Expressions:

Expression

Meaning

This tastes delicious!

Ini rasanya enak sekali!

It smells good.

Baunya enak.

I love this dish!

Saya suka sekali makanan ini.

You’re a great cook!

Kamu pintar masak!

What a tasty meal!

Wah, makanannya lezat sekali!

Responses:

Expression

Meaning

Thank you! I’m glad you like it.

Terima kasih, senang kamu suka.

Really? I made it myself.

Benarkah? Aku yang buat sendiri.

It’s my favorite recipe.

Ini resep favoritku.

๐Ÿ—ฃExample Dialogue:

A: Wow, this fried rice tastes amazing!
B: Thanks! I used my mom’s recipe.
A: You’re a great cook.
B: Really? I’m happy you like it!

 

๐Ÿง‍♀️๐Ÿง‍♂️ 3. One vs Ones

Topic Focus:
Perbedaan antara one dan ones untuk menggantikan noun yang sudah disebut sebelumnya.

Explanation:

Word

Function

Example

one

menggantikan singular noun

I like the red shirt, not the blue one.

ones

menggantikan plural noun

These cakes are delicious. I’ll take the chocolate ones.

๐Ÿง  Note:

·         “One” dan “ones” digunakan agar tidak mengulang kata benda.

·         Biasanya digunakan dengan this / that / these / those.

More Examples:

·         This apple is sour, but that one is sweet.

·         I don’t like these chairs. I prefer the wooden ones.

·         Which one do you want, the small or the big bag?

 

3. One vs Ones

Tujuan Pembelajaran

Dalam percakapan sehari-hari, kita sering ingin menyebut suatu benda yang sudah dibicarakan sebelumnya tanpa harus mengulang nama bendanya berkali-kali. Bahasa Inggris memiliki cara yang praktis untuk melakukan hal ini, yaitu menggunakan one dan ones.

Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan mampu:

  • Memahami fungsi one dan ones dalam kalimat.
  • Membedakan penggunaan one (tunggal) dan ones (jamak).
  • Menghindari pengulangan kata benda (noun repetition).
  • Menggunakan one dan ones dalam percakapan sehari-hari.
  • Menggunakan one dan ones bersama demonstrative adjectives (this, that, these, dan those) maupun adjective lainnya.

 

Apa Itu "One" dan "Ones"?

Dalam bahasa Inggris, one dan ones sering digunakan sebagai kata pengganti (substitution) untuk noun yang sudah disebutkan sebelumnya.

Tujuannya adalah agar kalimat menjadi:

  • lebih singkat,
  • lebih alami,
  • tidak membosankan karena mengulang kata yang sama.

Perhatikan contoh berikut.

Tanpa menggunakan one:

I like the red shirt, not the blue shirt.

Kalimat tersebut benar secara tata bahasa, tetapi terdengar kurang alami karena kata shirt diulang.

Lebih alami:

I like the red shirt, not the blue one.

Kata one menggantikan kata shirt.

 

Mengapa Menggunakan "One" dan "Ones"?

Bandingkan dua percakapan berikut.

Tanpa One

A : Which bag do you want?

B : I want the black bag.

A : Which black bag?

B : The black bag on the table.

Terlihat bahwa kata bag diulang beberapa kali.

 

Dengan One

A : Which bag do you want?

B : I want the black one.

A : Which one?

B : The one on the table.

Kalimat menjadi lebih alami seperti yang digunakan oleh penutur asli.

 

Perbedaan One dan Ones

Aturan paling mudah adalah sebagai berikut.

Word

Function

Digunakan untuk

one

menggantikan noun tunggal

singular noun

ones

menggantikan noun jamak

plural noun

 

Menggunakan "One"

One digunakan untuk menggantikan satu benda yang sudah diketahui.

Rumus

Adjective + one

atau

Demonstrative + one

 

Contoh

  • I like the red shirt, not the blue one.

→ Saya suka baju merah, bukan yang biru.

 

  • This apple is sour, but that one is sweet.

→ Apel ini asam, tetapi yang itu manis.

 

  • Which phone do you want?

The expensive one.

→ Ponsel yang mahal.

 

  • I lost my pen.

Can I borrow this one?

→ Saya kehilangan pena saya.

Boleh saya meminjam yang ini?

 

  • My old laptop is slow.

I want a new one.

→ Laptop lama saya lambat.

Saya ingin yang baru.

 

Menggunakan "Ones"

Ones digunakan untuk menggantikan lebih dari satu benda.

Rumus

Adjective + ones

 

Contoh

  • These cakes are delicious.

I'll take the chocolate ones.

→ Kue-kue ini enak.

Saya akan mengambil yang cokelat.

 

  • I don't like these chairs.

I prefer the wooden ones.

→ Saya tidak suka kursi-kursi ini.

Saya lebih suka yang kayu.

 

  • The black shoes are cheaper than the white ones.

→ Sepatu hitam lebih murah daripada yang putih.

 

  • These apples are fresh.

The green ones are sweeter.

→ Apel-apel ini segar.

Yang hijau lebih manis.

 

  • I bought the large boxes, not the small ones.

→ Saya membeli kotak-kotak besar, bukan yang kecil.

 

One dan Ones Menggantikan Noun

Perhatikan contoh berikut.

Contoh 1

I have two bags.

The black one is mine.

Kata one menggantikan:

bag

 

Contoh 2

There are many books.

The new ones belong to the teacher.

Kata ones menggantikan:

books

 

Contoh 3

I like the white car.

The blue one is too expensive.

One = car

 

Contoh 4

These flowers smell wonderful.

The red ones are my favorite.

Ones = flowers

 

One Bersama This dan That

Sering digunakan dengan demonstrative.

Expression

Meaning

this one

yang ini

that one

yang itu

Contoh:

  • Which apple do you want?

This one.

 

  • Which bag is yours?

That one.

 

  • I don't want this one.

I want that one.

 

  • This one is too heavy.

 

  • That one looks better.

 

Ones Bersama These dan Those

Expression

Meaning

these ones

yang ini (jamak)

those ones

yang itu (jamak)

Namun, dalam percakapan sehari-hari, penutur asli sering cukup mengatakan:

  • these
  • those

tanpa ones, jika konteksnya sudah jelas.

Contoh:

  • Which shoes do you want?

These ones.

atau

These.

Keduanya benar.

 

One Setelah Adjective

One sering muncul setelah adjective.

Contoh:

  • the big one
  • the small one
  • the red one
  • the expensive one
  • the cheap one
  • the old one
  • the new one

Kalimat:

  • I want the big one.
  • She bought the expensive one.
  • We chose the newest one.

 

Ones Setelah Adjective

Contoh:

  • the red ones
  • the big ones
  • the beautiful ones
  • the cheap ones
  • the old ones
  • the wooden ones

Kalimat:

  • I bought the red ones.
  • We need the small ones.
  • The expensive ones are better.

 

One Setelah Which

Pertanyaan dengan Which sangat sering menggunakan one.

Contoh:

  • Which one do you want?

→ Yang mana yang kamu inginkan?

 

  • Which one is yours?

→ Yang mana milikmu?

 

  • Which one tastes better?

→ Yang mana rasanya lebih enak?

 

  • Which one is cheaper?

→ Yang mana lebih murah?

 

Ones Setelah Which

Jika bendanya jamak.

  • Which ones do you want?

→ Yang mana yang kamu inginkan?

 

  • Which ones are yours?

→ Yang mana milikmu?

 

  • Which ones should we buy?

→ Yang mana yang harus kita beli?

 

Contoh Percakapan

Dialogue 1

A : Which shirt do you like?

B : I like the blue one.

A : Why?

B : Because it's cheaper.

 

Dialogue 2

A : Which shoes are yours?

B : The black ones.

A : Are they comfortable?

B : Yes, very comfortable.

 

Dialogue 3

A : Which cake would you like?

B : The chocolate one.

A : Here you are.

B : Thank you.

 

Dialogue 4

A : Which apples are sweeter?

B : The green ones.

A : I'll buy those ones.

 

Dialogue 5

A : Which notebook do you need?

B : The large one.

A : Here it is.


Contoh Kalimat Sehari-hari

  • I lost my umbrella. I need a new one.
  • This phone is faster than that one.
  • Which one is your favorite?
  • The red one is mine.
  • I don't like this movie.

Let's watch another one.

  • These cookies are delicious.

I'll buy more ones.

Yang benar:

I'll buy more cookies.

atau

I'll buy the chocolate ones.

 

  • The old chair is broken.

Let's buy a new one.

 

  • Those houses are beautiful.

The white ones are very expensive.

 

  • My shoes are dirty.

I need clean ones.

 

  • The yellow flowers are prettier than the red ones.

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan

Salah

I like the red shirt, not the blue shirt.

(Benar, tetapi kurang alami.)

Lebih baik:

I like the red shirt, not the blue one.

 

Salah

These apples are delicious.

I like the red one.

Jika yang dimaksud banyak apel merah.

Seharusnya:

I like the red ones.

 

Salah

Which ones do you want?

The blue one.

Jika memilih beberapa benda.

Benar:

The blue ones.

 

Salah

I need new ones.

Padahal hanya satu benda.

Benar:

I need a new one.

 

Salah

The wooden one are expensive.

Benar:

The wooden ones are expensive.

 

Tips Mudah Mengingat

Gunakan aturan sederhana berikut:

  • One = satu benda (singular).
    • the big one
    • this one
    • that one
    • Which one?
  • Ones = lebih dari satu benda (plural).
    • the big ones
    • these ones
    • those ones
    • Which ones?

Cara lain untuk mengingatnya adalah dengan melihat noun yang digantikan. Jika noun tersebut berbentuk tunggal (book, bag, phone, apple), gunakan one. Jika noun tersebut berbentuk jamak (books, bags, phones, apples), gunakan ones.

 

Latihan

A. Pilih Jawaban yang Benar

  1. I like the black shirt, not the white ________.

a. one

b. ones

  1. These shoes are old.

I want new ________.

a. one

b. ones

  1. Which ________ do you want?

a. one

b. ones

  1. Which ________ are yours?

a. one

b. ones

  1. The green apples are sweeter than the red ________.

a. one

b. ones

 

B. Lengkapilah Kalimat

  1. This bag is heavy, but that ________ is light.
  2. I don't like these books. I prefer the new ________.
  3. Which ________ do you want?
  4. The black shoes are nicer than the white ________.
  5. I need a bigger ________ because this laptop bag is too small.

 

C. Terjemahkan ke Bahasa Inggris

  1. Saya lebih suka yang merah.
  2. Yang biru lebih murah.
  3. Yang besar milik saya.
  4. Yang hijau lebih segar.
  5. Yang mana yang Anda inginkan?

 

Ringkasan

One dan ones adalah kata pengganti (substitution words) yang digunakan untuk menghindari pengulangan kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya. One digunakan untuk menggantikan kata benda tunggal (singular noun), misalnya I want the blue one (Saya ingin yang biru), sedangkan ones digunakan untuk menggantikan kata benda jamak (plural noun), misalnya I prefer the wooden ones (Saya lebih suka yang berbahan kayu). Keduanya sering dipakai setelah kata sifat (the red one, the small ones) maupun bersama kata penunjuk seperti this, that, these, dan those. Dengan memahami perbedaan one dan ones, kalimat bahasa Inggris akan terdengar lebih ringkas, alami, dan mendekati cara berbicara penutur asli, terutama dalam situasi seperti berbelanja, memilih barang, membandingkan benda, atau memberikan pendapat.

 

๐Ÿงฉ Practice Activities

️ A. Vocabulary Matching

Cocokkan kata dengan artinya:

1.      Boil

2.      Mix

3.      Slice

4.      Bake

5.      Serve

(a) menyajikan (b) memanggang (c) mencampur (d) merebus (e) memotong tipis

 

๐Ÿ—ฃ️ B. Dialogue Practice (In Pairs)

Practice this short dialogue or make your own:

A: What are you cooking?
B: I’m making pancakes.
A: They look great!
B: Thanks! Would you like to try one?
A: Sure! Mmm… it’s delicious!

 

๐Ÿงพ C. Writing Task

Write your own short recipe (3–5 steps). Example:

Title: Fried Banana
Ingredients: bananas, flour, sugar, oil
Steps:

1.      Peel the bananas.

2.      Mix flour with water and sugar.

3.      Dip the bananas and fry them until golden.

 

๐Ÿง  D. Grammar Exercise: One / Ones

Fill in the blanks:

1.      I don’t like this bag. I want the black ___ .

2.      These cookies are good, but I prefer the chocolate ___ .

3.      Which ___ do you like, the big or small cake?

 

๐ŸฝSpeaking Project

Task:
In pairs, act as a cook and a guest.

·         The cook explains how to make a simple dish.

·         The guest compliments the food politely.

๐Ÿ—ฃ️ Example:

Cook: First, mix the eggs and sugar. Then bake it for 20 minutes.
Guest: Wow, that sounds delicious! You must be a good cook.

 


No comments:

Post a Comment

Tips Belajar Lewat Hiburan - Hari 52: Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu (Rekomendasi Lagu dan Bedah Liriknya)

  Hari ke-52 dari 100 hari belajar bahasa Inggris: temukan cara menyenangkan belajar melalui musik! Pelajari 3 rekomendasi lagu populer deng...