Saturday, October 18, 2025

Unforgettable Experience 🧠 Lesson 7

Unforgettable Experience 🧠 Lesson 7

Belajar Cardinal Numbers, Occupation dengan Was/Were, Prepositions of Time, dan Family Vocabulary

Halo teman-teman pembelajar bahasa Inggris! 👋
Selamat datang kembali di blog “Belajar Bahasa Inggris”.
Kali ini kita akan masuk ke Lesson 7 dengan tema menarik: Unforgettable Experience (Pengalaman Tak Terlupakan).
Tapi sebelum kita bercerita tentang pengalaman masa lalu, yuk kita kuasai dulu beberapa materi penting dalam pelajaran ini:
👉 Cardinal Numbers, Occupation with Was/Were, Prepositions of Time (In, On), dan cara Talk About Family.

 

🔢 1. Cardinal Numbers (Angka dalam Bahasa Inggris)

Cardinal Numbers adalah angka yang digunakan untuk menghitung benda, umur, atau jumlah sesuatu.

Berbeda dengan Ordinal Numbers (first, second, third) yang digunakan untuk urutan.

📘 Contoh Cardinal Numbers:

Angka

English

Angka

English

1

one

11

eleven

2

two

12

twelve

3

three

13

thirteen

4

four

14

fourteen

5

five

15

fifteen

6

six

16

sixteen

7

seven

17

seventeen

8

eight

18

eighteen

9

nine

19

nineteen

10

ten

20

twenty

Dan seterusnya:

·         21 = twenty-one

·         30 = thirty

·         40 = forty

·         50 = fifty

·         100 = one hundred

·         1,000 = one thousand

🗣️ Contoh kalimat:

·         I have two brothers.

·         She bought five apples.

·         There are thirty students in my class.

·         My grandmother is seventy years old.

💡 Tips cepat:

Gunakan Cardinal Numbers untuk menghitung, bukan untuk posisi.
Contoh:
I have three cats.

I have third cats. (salah, karena third itu urutan)

 

🔢 1. Cardinal Numbers (Angka dalam Bahasa Inggris)

Cardinal Numbers adalah angka yang digunakan untuk menyatakan jumlah, kuantitas, atau hitungan sesuatu.
Fungsinya: menjawab pertanyaan
"How many?" (Berapa banyak?)

Berbeda dengan Ordinal Numbers (first, second, third) yang menunjukkan urutan atau posisi dalam rangkaian.

 

📘 Pola Dasar Cardinal Numbers (1–100)

Angka

English

Angka

English

1

one

11

eleven

2

two

12

twelve

3

three

13

thirteen

4

four

14

fourteen

5

five

15

fifteen

6

six

16

sixteen

7

seven

17

seventeen

8

eight

18

eighteen

9

nine

19

nineteen

10

ten

20

twenty

 

🔁 Pola Angka Puluhan (20–90)

·         21 = twenty-one (pakai tanda hubung -)

·         32 = thirty-two

·         45 = forty-five (perhatikan: forty, bukan fourty!)

·         58 = fifty-eight

·         67 = sixty-seven

·         79 = seventy-nine

·         83 = eighty-three

·         94 = ninety-four

ℹ️ Aturan: puluhan + satuan, pakai hyphen (-).

 

🔢 Angka Ratusan, Ribuan, dan Jutaan

Angka

English

100

one hundred

200

two hundred

1,000

one thousand

5,000

five thousand

10,000

ten thousand

100,000

one hundred thousand

1,000,000

one million

1,000,000,000

one billion

📌 Penting: Dalam bahasa Inggris, tidak pakai "and" untuk angka ratusan murni (kecuali dalam British English untuk angka yang ada puluhannya, misal: one hundred and twenty).

Contoh penulisan:

·         2,500 = two thousand five hundred

·         3,750 = three thousand seven hundred fifty (atau three thousand seven hundred and fifty – British)

·         1,250,000 = one million two hundred fifty thousand

 

🗣️ Contoh Kalimat dalam Berbagai Konteks

📦 Jumlah benda:

·         I have two brothers and one sister.

·         She bought five apples and three oranges.

·         There are thirty students in my class.

🧑 Orang & umur:

·         My grandmother is seventy years old.

·         The company employs two hundred people.

💰 Uang & harga:

·         This phone costs eight hundred dollars.

·         I need fifty thousand rupiah for lunch.

⏰ Waktu & durasi:

·         The movie lasts two hours.

·         We have been waiting for forty-five minutes.

📏 Jarak & ukuran:

·         The school is three kilometers from my house.

·         My room is four meters long.

🌍 Populasi & statistik:

·         Indonesia has around 270 million people.

·         The marathon had twelve thousand participants.

 

⚠️ Kesalahan Umum (Common Mistakes)

Salah

Benar

Keterangan

I have third cats.

I have three cats.

Pakai cardinal untuk jumlah, ordinal untuk urutan.

Fourty

Forty

Ejaan yang benar adalah forty (tanpa 'u').

Two hundreds books

Two hundred books

Setelah angka, hundred tetap tunggal.

One thousand two hundreds

One thousand two hundred

Sama, hundred tetap tunggal.

Twenty five

Twenty-five

Harus pakai hyphen (-) antara puluhan dan satuan.

 

🧠 Tips Cepat & Trik Menghafal

1.    Gunakan Cardinal Numbers untuk menghitung, bukan posisi.
I have three cats.
I have third cats.

2.    Hafalkan angka tidak beraturan:

o    11–19: eleven, twelve, thirteen, ... (kecuali 13–19 berakhiran -teen)

o    20, 30, 40, 50: twenty, thirty, forty, fifty (ingat forty!)

3.    Untuk angka besar, bacakan per kelompok:
1,234 = one thousand, two hundred thirty-four
45,678 = forty-five thousand, six hundred seventy-eight

4.    Gunakan koma sebagai pemisah ribuan dalam tulisan (1,000) dan titik dalam bahasa Indonesia (1.000).

 

🧪 Latihan Cepat (Coba sendiri!)

Terjemahkan ke dalam bahasa Inggris:

1.    17 buku → _______________

2.    92 kursi → _______________

3.    1.500 orang → _______________

4.    2,5 juta penduduk → _______________

5.    Umur saya 25 tahun. → _______________


Fungsi

Contoh Cardinal

Contoh Ordinal (pembanding)

Jumlah

five apples

fifth apple (apel kelima)

Umur

twenty years old

Peringkat

first winner

Tanggal

May 3rd (third)

Waktu

six o'clock

Semoga pengembangan ini membuat pemahaman tentang Cardinal Numbers lebih kaya dan aplikatif! Kalau mau, saya juga bisa tambahkan bagian latihan soal interaktif atau perbandingan dengan ordinal numbers secara mendalam. 😊

 

👨🏫 2. Occupation with Was and Were

Sekarang kita belajar bagaimana menyebut pekerjaan (occupation) di masa lampau menggunakan was dan were.

🧩 Rumus Dasar:

Subject + was/were + occupation/noun

Gunakan was untuk:

·         I

·         He

·         She

·         It

Gunakan were untuk:

·         You

·         We

·         They

🧰 Contoh Occupation (Pekerjaan):

Occupation

Arti

teacher

guru

doctor

dokter

nurse

perawat

farmer

petani

driver

sopir

soldier

tentara

chef

koki

engineer

insinyur

student

pelajar

carpenter

tukang kayu

🗣️ Contoh kalimat:

·         I was a student ten years ago.

·         My father was a driver when he was young.

·         We were teachers at the same school.

·         They were soldiers in the army.

·         You were a great singer in high school!

💬 Bentuk Negatif:

Subject + was/were + not + occupation

Contoh:

·         I was not (wasn’t) a teacher.

·         She wasn’t a nurse.

·         They were not (weren’t) engineers.

❓Bentuk Pertanyaan:

Was/Were + Subject + occupation?

Contoh:

·         Was your mother a teacher? → Yes, she was. / No, she wasn’t.

·         Were they students last year? → Yes, they were. / No, they weren’t.

 

👨🏫 Occupation with Was and Were

Was dan Were adalah bentuk lampau (past tense) dari am/is/are.
Kita gunakan keduanya untuk
menyatakan pekerjaan atau profesi seseorang di masa lalu—bisa itu pekerjaan sebelumnya, pekerjaan orang tua dulu, atau profesi yang sudah tidak dijalani lagi sekarang.

 

🧩 Rumus Dasar (Lebih Detail)

Pola

Contoh

Positif: Subject + was/were + a/an + occupation

She was a teacher.

Negatif: Subject + was/were + not + a/an + occupation

They were not engineers.

Tanya: Was/Were + subject + a/an + occupation?

Was he a chef?

📌 Catatan: Gunakan a jika pekerjaan diawali bunyi konsonan (a teacher, a farmer), dan an jika diawali bunyi vokal (an engineer, an artist).

 

📋 Tabel Penggunaan Was vs Were

Subject

Was/Were

Contoh

I

was

I was a student.

He

was

He was a soldier.

She

was

She was a nurse.

It

was

It was a good job.

You

were

You were a driver.

We

were

We were farmers.

They

were

They were carpenters.

 

🧰 Daftar Occupation (Pekerjaan) yang Diperkaya

Occupation

Arti

Kata Benda + a/an

teacher

guru

a teacher

doctor

dokter

a doctor

nurse

perawat

a nurse

farmer

petani

a farmer

driver

sopir

a driver

soldier

tentara

a soldier

chef

koki

a chef

engineer

insinyur

an engineer

student

pelajar

a student

carpenter

tukang kayu

a carpenter

pilot

pilot

a pilot

lawyer

pengacara

a lawyer

architect

arsitek

an architect

journalist

wartawan

a journalist

photographer

fotografer

a photographer

accountant

akuntan

an accountant

entrepreneur

wirausaha

an entrepreneur

barber

tukang cukur

a barber

mechanic

montir

a mechanic

police officer

polisi

a police officer

firefighter

pemadam kebakaran

a firefighter

 

🗣️ Contoh Kalimat Positif (dengan konteks waktu)

🔹 Subject: I / He / She / It (pakai was)

·         I was a student ten years ago. (Saya adalah pelajar sepuluh tahun lalu.)

·         He was a chef at a famous restaurant in 2015. (Dia adalah koki di restoran terkenal pada 2015.)

·         She was a nurse before she got married. (Dia adalah perawat sebelum menikah.)

·         My father was a driver when he was young. (Ayah saya adalah sopir saat muda.)

·         My grandfather was a soldier during the war. (Kakek saya adalah tentara selama perang.)

·         It was a great job for a fresh graduate. (Itu adalah pekerjaan bagus untuk lulusan baru.)

🔹 Subject: You / We / They (pakai were)

·         You were a great singer in high school! (Kamu adalah penyanyi hebat di SMA!)

·         We were teachers at the same school in 2018. (Kami adalah guru di sekolah yang sama pada 2018.)

·         They were soldiers in the national army. (Mereka adalah tentara di angkatan darat.)

·         My parents were farmers before moving to the city. (Orang tua saya adalah petani sebelum pindah ke kota.)

·         My sister and I were students at that university. (Saya dan kakak perempuan saya adalah pelajar di universitas itu.)

 

Bentuk Negatif (Wasn't / Weren't)

Gunakan wasn't (was not) untuk I, He, She, It
Gunakan
weren't (were not) untuk You, We, They

Contoh:

·         I wasn't a teacher. I was a student. (Saya bukan guru. Saya pelajar.)

·         He wasn't a doctor; he was a nurse. (Dia bukan dokter; dia perawat.)

·         She wasn't an engineer. She was an architect. (Dia bukan insinyur. Dia arsitek.)

·         They weren't farmers. They were carpenters. (Mereka bukan petani. Mereka tukang kayu.)

·         We weren't soldiers. We were drivers. (Kami bukan tentara. Kami sopir.)

·         You weren't a barber, were you? (Kamu bukan tukang cukur, kan?)

 

Bentuk Pertanyaan (Yes/No Questions)

Rumus: Was/Were + Subject + a/an + occupation + (waktu)?

Pertanyaan

Jawaban Pendek

Was your mother a teacher?

Yes, she was. / No, she wasn't.

Were they students last year?

Yes, they were. / No, they weren't.

Was he a pilot before?

Yes, he was. / No, he wasn't.

Were you a chef in that restaurant?

Yes, I was. / No, I wasn't.

Were your grandparents farmers?

Yes, they were. / No, they weren't.

Pertanyaan dengan Kata Tanya (WH-Questions)

·         What were you before becoming a manager? — I was a journalist.

·         Where was she working? — She was a nurse at the hospital.

·         Why were they soldiers? — Because they loved their country.

 

🧠 Perbedaan Penting: Was/Were vs Am/Is/Are

Sekarang (Present)

Dulu (Past)

I am a teacher.

I was a teacher. (dulu, sekarang bukan)

She is a nurse.

She was a nurse. (dulu, sekarang mungkin sudah pensiun)

They are farmers.

They were farmers. (dulu, sekarang sudah pindah profesi)

 

💬 Dialog Pendek (Konteks Nyata)

Dialog 1 — Percakapan antar teman lama:

A: Hi, Rina! I haven't seen you for years. What was your job before?
B: I was a journalist at a local newspaper. But now I'm a content writer.
A: Oh, really? Were you happy as a journalist?
B: Yes, I was. It was exciting!

Dialog 2 — Menanyakan orang tua:

A: Was your father a soldier?
B: No, he wasn't. He was a mechanic.
A: And your mother? Was she a teacher?
B: Yes, she was. She taught English for 20 years.

 

⚠️ Kesalahan Umum (Common Mistakes)

Salah

Benar

Penjelasan

She were a doctor.

She was a doctor.

She pakai was, bukan were.

They was students.

They were students.

They pakai were.

I were a chef.

I was a chef.

I pakai was (kecuali dalam conditional).

He was teacher.

He was a teacher.

Pekerjaan tunggal butuh a/an.

She was an nurse.

She was a nurse.

Nurse diawali konsonan, pakai *a*.

They are soldiers last year.

They were soldiers last year.

Masa lalu pakai were, bukan are.

 

🧪 Latihan Cepat (Coba sendiri!)

Lengkapi dengan was, were, wasn't, atau weren't:

1.    My uncle ________ a pilot 10 years ago.

2.    They ________ farmers; they ________ carpenters. (negatif → positif)

3.    ________ you a student in 2010?

4.    She ________ an engineer. She was an architect.

5.    Our parents ________ teachers at the same school.

6.    I ________ a chef, but now I'm a baker.

 

🧾 Ringkasan Akhir (Visual)

Subject

Past (was/were)

Contoh Kalimat

I / He / She / It

was

She was a nurse.

You / We / They

were

They were soldiers.

Negatif

wasn't / weren't

He wasn't a driver.

Tanya

Was/Were + S + O?

Were you a teacher?

💡 Tips Tambahan

·         Saat bercerita tentang karir masa lalu, gunakan was/were + pekerjaan.

·         Jika pekerjaan dimulai dengan vokal (a, i, u, e, o) seperti engineer, architect, artist, gunakan an.

·         Jangan lupa tambahkan keterangan waktu (last year, in 2015, ten years ago) agar kalimat lebih jelas bahwa itu masa lalu.

 

⏰ 3. Prepositions of Time (In, On)

Prepositions of Time digunakan untuk menunjukkan kapan sesuatu terjadi.
Tiga preposisi yang paling sering digunakan adalah in, on, dan at.
Tapi di pelajaran ini kita fokus pada in dan on dulu.

🌼 Gunakan in untuk:

1.      Bulan → in January, in May

2.      Tahun → in 2020, in 1999

3.      Musim → in the summer, in the winter

4.      Bagian waktu yang panjang → in the morning, in the evening

🗣️ Contoh:

·         I was born in 2005.

·         She traveled to Bali in June.

·         My family moved to Jakarta in the 1990s.

·         We usually jog in the morning.

 

️ Gunakan on untuk:

1.      Hari → on Monday, on Saturday

2.      Tanggal → on March 5th, on August 17th

3.      Hari Spesial → on my birthday, on New Year’s Day

🗣️ Contoh:

·         I met my best friend on Friday.

·         The concert was on July 21st.

·         We visited our grandmother on Christmas Day.

·         My father was born on October 3rd.

💡 Tips singkat:

·         “in” → waktu yang lebih umum / panjang

·         “on” → waktu lebih spesifik

Contoh perbandingan:

I was born in 2000.
My birthday is on June 15th.

 

👨👩👧 4. Talk About Family (Berbicara tentang Keluarga)

Setelah tahu numbers dan was/were, kita bisa mulai bercerita tentang keluarga dalam bentuk past tense.

🧩 Kosakata Keluarga:

Family Member

Arti

father

ayah

mother

ibu

brother

saudara laki-laki

sister

saudara perempuan

grandfather

kakek

grandmother

nenek

uncle

paman

aunt

bibi

cousin

sepupu

husband

suami

wife

istri

son

anak laki-laki

daughter

anak perempuan

🗣️ Contoh kalimat:

·         My father was a soldier when he was young.

·         My mother was a nurse at the city hospital.

·         My grandparents were farmers in the village.

·         We were a happy family living near the beach.

·         I was the youngest child in my family.

 

Practice Time! (Latihan Yuk!)

🧮 A. Write the correct Cardinal Number:

1.      I have ______ (3) sisters.

2.      My grandfather is ______ (75) years old.

3.      There are ______ (20) students in my class.

🧑‍🏫 B. Complete with was or were:

1.      I ______ a student last year.

2.      They ______ teachers in my school.

3.      She ______ not a nurse.

4.      ______ you a driver before?

⏰ C. Fill with the correct preposition (in or on):

1.      My birthday is ______ May 5th.

2.      He was born ______ 2004.

3.      We visited Bali ______ June.

4.      I met my friend ______ Saturday.

👨👩👧 D. Talk about your family (buat kalimatmu sendiri):

Tulis 453 kalimat tentang keluargamu menggunakan was/were.
Contoh:

·         My father was a teacher.

·         My mother was a good cook.

·         We were a small but happy family.

 

🌟 Kesimpulan

Di Lesson 7, kita belajar:

1.      Cardinal Numbers untuk menghitung.

2.      Was/Were untuk menyatakan pekerjaan atau keadaan di masa lampau.

3.      Prepositions of Time (in, on) untuk menjelaskan kapan sesuatu terjadi.

4.      Family Vocabulary untuk menceritakan tentang keluarga kita.

Sekarang kamu sudah bisa membuat kalimat seperti ini:

“My father was a farmer. He worked hard in the field in 1990. We lived in a small village on Java Island. I have two brothers and one sister. We were a happy family!”

Keren, kan? 😄

 

Catatan dari Blog “BELAJAR BAHASA INGGRIS”

Belajar grammar akan terasa mudah kalau kamu hubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
Coba ceritakan pengalaman tak terlupakan (unforgettable experience) dalam keluargamu menggunakan kata was/were dan prepositions of time di kolom komentar ya! 👇

 

 



No comments:

Post a Comment

Tips Belajar Lewat Hiburan - Hari 52: Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu (Rekomendasi Lagu dan Bedah Liriknya)

  Hari ke-52 dari 100 hari belajar bahasa Inggris: temukan cara menyenangkan belajar melalui musik! Pelajari 3 rekomendasi lagu populer deng...